Hardware: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

 


    Udah tahun 2020, terus lagi dalam masa Revolusi Industri 4.0, dan kehidupan sehari-hari yang tak lepas dari gawai, masa sih masih ada yang gak tau apa itu Hardware? Kalau gak tau dan pengen tau, pantengin dan baca sampai abis artikel blog ini yah, hehe.
   Jadi, hardware biasanya tak lepas dari perangkat elektronik seperti perangkat komputer dan smartphone, namun hardware yang ingin saya bahas kali ini adalah hardware dalam perangkat komputer. 

 A. Pengertian

        Hardware atau dalam bahasa Indonesia "perangkat keras" adalah bagian-bagian yang menyusun komputer. Berbeda dari software, hardware itu sendiri berbentuk fisik, bisa dilihat oleh mata dan bisa disentuh serta nyata (tidak gaib).
        Hardware ini merupakan bagian yang sangat penting sekali. Jika tidak ada hardware, maka tidak ada komputer. Selain hardware, software dan brainware (user/pengguna) juga sangat penting. Ketiga bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
        Secara umum, hardware dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu process hardware, input hardware dan output hardware.

B. Fungsi

        Fungsi dari hardware itu bermacam-macam, ada yang berfungsi untuk menampilkan visual (monitor), menyimpan data (storage), menerima input, memberi output, dan masih banyak lagi tergantung hardwarenya itu sendiri.

C. Jenis-jenis Hardware

    1. Process Hardware
            Process hardware merupakan hardware yang berfungsi untuk mengolah dan memproses data. Contoh dari process hardware ialah CPU (Central Processing Unit), RAM, VGA, dan lain sebagainya.
    2. Input Hardware
            Input hardware adalah hardware yang digunakan untuk mengirimkan input (perintah) oleh user atau pengguna itu sendiri. Contohnya seperti mouse, keyboard, joystick, dan lain sebagainya.
    3. Output Hardware
            Output hardware ialah hardware yang berfungsi untuk memberikan atau menghasilkan output yang bisa berupa hasil dari inputan user itu sendiri. Contoh dari output hardware ialah seperti monitor (menampilkan visual), speaker (mengeluarkan suara atau audio), dan lain sebagainya.

D. Contoh-contoh Hardware

    1. Monitor (Hardware Output)
        berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diolah oleh komputer secara visual.

    2. Keyboard (Hardware Input)
        berfungsi sebagai alat untuk mengetik dan memasukkan input/data

    3. Mouse (Hardware Input)
        berfungsi sebagai pointer, penunjuk perintah atau program pada layar monitor.


    4. Casing
        yaitu berguna untuk melindungi komponen-komponen yang terdapat didalamnya seperti motherboard, power supply, dsb.



    5. Motherboard
        adalah papan sirkuit yang berfungsi menghubungkan komponen-komponen agar dapat saling terhubung satu sama lain.

    6. CPU (Hardware Process)
        yaitu bisa disebut sebagai otaknya komputer. Segala perintah atau proses yg terdapat pada komputer dikerjakan oleh prosessor/CPU



    7. Power Supply
        berfungsi mengalirkan arus daya listrik kepada setiap komponen yang ada pada komputer.


    8. RAM (Hardware Process)
        berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara yang telah diproses oleh prosessor sebelum dihubungkan ke komponen lainnya.

    9. SSD (Storage)
        berfungsi sebagai media penyimpanan data dan juga menyimpan sistem operasi dari perangkat komputer itu sendiri

    10. VGA/GPU (Hardware Process)
        berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan di monitor.


Baiklah, mungkin hanya itu saja yang saya ketahui mengenai hardware. Jika ada salah maupun kekurangan, boleh mengkoreksi saya melalui kolom komentar di bawah. Sampai jumpa lagi di konten selanjutnya. See ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks