Software Aplikasi: Pengertian, Jenis Dasar, Penggunaan dan Contohnya

A. Pengertian dan Gambaran Software Aplikasi




Software aplikasi adalah suatu program yang dirancang atau diprogram untuk melakukan/menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah tertentu.

Software aplikasi sendiri berbeda dengan software system (system software) yang berguna untuk mengatur dan mengintegerasikan fungsi komputer, dan tidak melakukan task tertentu yang bermanfaat bagi user. Software system ini melayani aplikasi, yang mana aplikasi lah yang melayani kebutuhan user.


          Software aplikasi terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya seperti software akunting, software enterprise, software grafis, media player dan aplikasi office, bahkan games.

Jadi, kesimpulannya adalah software aplikasi merupakan program perangkat lunak yg bertugas untuk melakukan atau menyelesaikan suatu problem atau pekerjaan tertentu


B.   Jenis Dasar Software Aplikasi

Software aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu :

Tipe software aplikasi

Pengertian

Word processing software

Alat yang digunakan untuk membuat lembar kata dan tipe dokumen dll.

Spreadsheet software

Perangkat lunak yang digunakan untuk menghitung data kuantitatif.

Database software

Digunakan untuk menyimpan data dan mengurutkan informasi.

Application Suites

Kumpulan program terkait yang dijual sebagai satu paket.

Multimedia software

Alat yang digunakan untuk campuran konten audio, video, gambar dan teks.

Communication software

Alat yang menghubungkan sistem dan memungkinkan komunikasi berbasis teks, audio, dan video.

Internet browsers

Digunakan untuk mengakses dan melihat situs web.

Email programs

Digunakan untuk mengirim email.

              Selain dari yang disebutkan diatas, masih ada lagi tipe software aplikasi              seperti games, dll. Software aplikasi juga bisa dibedakan melalui                           platformnya, yaitu desktop dan mobile.


C. Penggunaan Software Aplikasi

Software aplikasi dapat digunakan dalam berbagai hal, contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Internet browsers merupakan salah satu contohnya. Internet browsers digunakan untuk mengakses suatu situs web. Tanpa itu, kita tidak bisa mengakses berbagai hal seperti Google, YouTube, bahkan mencari dan mengakses informasi.

Software aplikasi juga digunakan dalam kegiatan perkantoran., seperti database software. Seluruh perusahaan di dunia pasti memerlukan suati aplikasi untuk mengolah, mengelompokkan dan mempermudah identifikasi data. Maka dari itu, diciptakanlah database software

Selain itu, aplikasi pengolah kata dan pengolah angka juga dibutuhkan di berbagai bidang, seperti di sekolah, di rumah sakit dan juga di bidang perkantoran. Para siswa memerlukan aplikasi pengolah kata untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Rumah sakit memerlukan aplikasi pengolah angka untuk mencatat pemasukan dan pengeluarannya, begitu juga dengan perusahaan.

Jadi, penggunaan software aplikasi tidak terbatas pada satu hal atau satu bidang saja. Bidang apapun memerlukan software aplikasi karna pada dasarnya hal itu membantu manusia dalam menyelesaikan tugas atau masalah tertentu. Oleh karena itu, diharapkan agar kita dapat memaksimalamkan fungsi dan manfaat dari software aplikasi itu sendiri.


D.  10 Contoh Software Aplikasi dan Manfaatnya

a.     Microsoft Office

     Keluarga Microsoft Office memiliki beragam jenis software aplikasi. Mulai dari Microsoft Word untuk mengolah laporan, Microsoft PowerPoint untuk mengelola presentasi, Microsoft Excel untuk mengolah data yang melibatkan perhitungan dasar, Microsoft Acces untuk merancang data besar, dan Microsoft Outlook untuk membaca surat elektronik dan penjadwalan

b.    Adobe Reader

     Adobe Reader merupakan perangkat lunak dari keluarga Adobe Acrobat. Software ini memiliki fungsi membaca, mencari, verifikasi, dan menandai secara digital dan mencetak data dengan format Portable Document Format atau PDF.

c.    AutoCAD

       Auto CAD merupakan perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

d.    Google Chrome

     Google Chrome adalah software yang digunakan untuk melakukan pencarian di dunia maya. Sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit.

e.    Adobe Illustrator

     Adobe Illustrator merupakan salah satu program editor yang terkenal dapat mempermudah pekerjaan kita. Adobe Illustrator memiliki resolusi hasil akhir yang tinggi. Program ini juga cocok untuk ilustrasi, logo, dan vector image lainnya. Bahkan Adobe Illustrator juga memiliki garis yang jelas dan dibantu dengan guide rules.

f.      VLC Media Player

     VLC Media Player merupakan perangkat lunak pemutar beragam berkas multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain

g.    Games

     Games merupakan program aplikasi permainan yg bertujuan sebagai aktivitas rekreasi. Namun, pada zaman sekarang, games (khususnya daring) dapat menjadi mata pencaharian yg jelas.

h.    Adobe Photoshop

     Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek

i.      Corel Draw

Corel Draw merupakan aplikasi perangkat lunak editor grafis, vector, dll yang dikembangkan oleh Corel.

j.      Spotify

Spotify adalah aplikasi layanan music digital yang berfungsi sebagai media pemutar mp3 atau lagu.



Sumber : 

Tim EMS. 2014. Panduan Belajar Komputer untuk Semua Orang. Elex    Media Komputindo. Jakarta Pusat. Halaman 105-106

https://www.goodcore.co.uk/blog/types-of-software/

 

 Untuk melihat versi ppt nya, silahkan klik disini


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks