Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika


    Tidak bisa dipungkiri bahwa jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan terketat di Universitas Riau. Hal ini disebabkan oleh banyaknya siswa yang berusaha untuk masuk dengan mengikuti berbagai jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri namun hanya sedikit saja yang bisa lolos. Saya merupakan salah satu orang yang beruntung yang bisa lolos di jurusan ini. Namun tentu saja saya memiliki beberapa alasan mengapa saya memutuskan untuk memilih jurusan Teknik Informatika sebagai jurusan saya. Berikut ini 5 alasan saya memilih Teknik Informatika

1. Minat sejak dini


    Minat merupakan salah satu alasan saya mengapa memilih Teknik Informatika sebagai jurusan saya. Tentu saja kita semua pasti ingin untuk memilih jurusan sesuat minat, tidak terkecuali saya. Minat yang telah tertanam sejak dini membuat saya "harus masuk Teknik Informatika" dan akhirnya tercapai.

2. Prospek kerja yang luas


    "Katanya" lulusan TI merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja terluas. Lulusan TI bisa bekerja di berbagai perusahaan seperti bank, startup seperti gojek, grab, dan bisa juga bekerja di pemerintahan seperti di BUMD, BUMN, dll. Bahkan lulusan TI bisa bekerja sebagai freelancer tanpa perlu terikat sebagai karyawan di perusahaan dan bisa juga membuka jasa konsultan IT. Lulusan TI juga bisa mendirikan startup seperti Tokopedia, Gojek, yang membuat saya semakin mantap memilih jurusan Teknik Informatika

3. Lulusan dengan rerata gaji tertinggi


    Gambar diatas menunjukkan rerata gaji seorang fresh graduate dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Bisa kita lihat dengan jelas bahwa lulusan dari Teknik Informatika merupakan lulusan dengan gaji tertinggi diantara jurusan-jurusan lainnya. Yah walaupun saya berkuliah di Universitas Riau bukan di ITB, setidaknya saya bisa mengharapkan gaji diatas rata-rata. Sehingga, inilah hal ketiga yg memantapkan saya untuk memilih jurusan Teknik Informatika

4. Revolusi Industri 4.0
    

    Revolusi Industri 4.0 artinya bahwa produksi pada zaman modern sudah tidak mengandalkan mesin dan komputer saja, tetapi internet. Revolusi Industri 4.0 ini bisa juga disebut dengan Revolusi Teknologi atau Revolusi Digital. Ada 4 hal penting dalam Revolusi Industri 4.0, yaitu
    a. Internet of Things
    b. Big Data
    c. Cloud Computing
    d. Machine Learning
    Lalu, siapa yang bisa memanfaatkan keempat hal ini dengan baik? Tentu saja para ahli TI. Sehingga ini alasan keempat yang memantapkan saya berkuliah di jurusan Teknik Informatika
   
5.  Takdir
    Saya percaya bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah swt, tak terkecuali takdir saya keterima di jurusan Teknik Informatika dan di Universitas Riau. Tanpa izin dan kehendak-Nya, tidak mungkin saya bisa menjadi mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau. Oleh karena itu, saya bersyukur sekali dapat keterima disini. Alhamdulillah

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima kasih buat yang sudah membaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks