Apasih Sistem Operasi itu? No.3 Buat Kamu Meriang!

    Yoyoy whatsApp gengs? I mean, wassup guys! Kita bertemu lagi di blog saya yang sama sama kita cintai ini. Tapi boong. Setelah membahas jaringan komputer, tentu pikiran teman teman sekalian terbuka lebih luas lagi, ingin mencari tahu lebih dalam lagi mengenai dunia per-komputer-an. Tapi itu kalau kalian punya pikiran, hehe. Canda kok.

    Apa yang kita bahas kali ini? penasaran ya? Sebenarnya saya juga bingung mau membahas apa pada artikel kali ini. Sebab, kita semua sudah pande lah ya, sudah ada google, saya menulis artikel pun teman-teman tidak membuka blog saya. Pasti kalian langsung searching google, terus yang muncul di page pertama halaman penelusuran google pun bukan saya. Saya pun jadi sedih. Please subscribe jika anda ingin saya bahagia.

    Namun, tiba-tiba, sebuah notif muncul dari hape sematpon smartphone kesayangan saya, yang mana masih mulus lecet pemakaian minat dm girls. Bak disambar petir, assignment pun muncul. Ternyata itu cuma tentang membuat artikel mengenai Sistem Operasi mengenai perkuliahan hari ini. Sia-sia saya kaget. Akhirnya disinilah kita semua berada, di blog saya yang tercinta, hehe.


    Baiklah, setelah pembukaan yang singkat tadi. Langsung saja kita ke topik utama hari ini, yaitu tentang apasih Sistem Operasi itu? Apakah isi dari no 3 itu sampai bisa membuat kita semua meriang?
Simpelnya, sistem operasi itu sebenarnya ini gais (lihat gambar di bawah)


Hehe, bercanda kok. Yang benar itu ini (lihat gambar di bawah)



Ya, jadi sistem operasi itu adala-
"Wait, ada yang salah nih"
"Oiya masih salah gambar om, maap"


    Yak, Sistem Operasi itu adalah suatu sistem perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengontrol dan pengatur segala kegiatan dan seluruh sumber daya yang terdapat dalam komputer. memuat metode kerja yang digunakan untuk memanfaatkan mesin sehingga dapat bekerja sesuai yang diinginkan. Aplikasi atau software dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya berkat sistem operasi.

    Sistem operasi tentu memiliki fungsi dan kegunaannya, sebab kalau tidak ada gunanya, tidak mungkin diciptakan, sebab mubazir, membuang-buang sumber daya, dan kita pun akan mendapatkan dosa dikarenakan mubazir, sehingga bisa menyebabkan kita masuk neraka. Astagfirullah.

    Berikut ini fungsi dari dari sistem operasi, no.6 bikin emosi kamu meluap-luap!
1. Sistem operasi menjalankan fungsi dasar pada komputer, ia mengatur bagaimana penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data dan fungsi dasar komputer lainnya
2. Sistem operasi berfungsi mengontrol fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program software agar terhubung dengan perangkat keras tersebut
3. Sistem operasi berfungsi sebagai wadah aplikasi atau program. Aplikasi tersebut melekat pada sistem operasi dan tidak bisa berfungsi tanpa adanya sistem operasi tersebut
4. Sistem operasi berperan sebagai suatu interface atau tatap muka antara pengguna dengan perangkat keras yang digunakannya
5. Sistem operasi juga berfungsi mengkoordinasikan segala hal didalam komputer terutama menyusun program yang sifatnya kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan

    Setelah mengetahui fungsi dari sistem operasi, tentu kalian semua pasti ingin tahu bagaimana sih cara kerja sistem operasi itu? Kalau tidak penasaran, silahkan close tab blog ini. Saya tidak butuh anda. Saya butuh smart people sebagai pembaca blog saya. Karena penasaran akan sesuau dan selalu ingin tahu merupakan ciri-ciri orang yg cerdas. Masya Allah.

    

    Sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi bisa berjalan. Kemudian barulah user dapat mengirim input dan menerima output dari aplikasi aplikasi tersebut. Keren bukan?

    Saat ini, ada berbagai macam jenis sistem operasi. Tentunya kalian pasti sudah pakai satu. Ada sistem operasi untuk pc atau komputer dan ada yang untuk mobile (smartphone). Berikut ini contohnya.

Sistem operasi komputer : 
1. Windows
2. Linux
3. MacOS
4. dll banyak (google jika ingin tahu lebih lanjut, sudah besar kan)

Sistem operasi mobile (smartphone) :
1. Windows Phone (sudah wafat)
2. Android
3. iOS
4. HarmonyOS (buat yang belum tau, ini dikembangkan oleh Huawei)
5. dll banyak (ayo mandiri jangan malas)

    Selain dua diatas, ada juga loh sistem operasi untuk hp jadul (jaman dulu) seperti symbian (sudah wafat) dan lain lain. Bagi yang dulu memakai esia hidayah boleh komen ya dulu pakai sistem operasi apa. Mito Advan Evercoss minggir dulu gais.

    Mungkin cukup itu saja, kalo mau lebih tau lebih lanjut dan lebih dalam mengenai sistem operasi boleh kok hubungi saya, saya sangat welcome terhadap orang yang rasa ingin tahunya sangat tinggi, terutama cewek. Cukup sekian, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima kasih telah membaca. Until next time, See ya!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks