Inilah cara menggunakan Microsoft Word next Level anak IT!

    Yo, sobat-sobat ku sekalian. Senangnya kita bisa bertemu lagi setelah sekian lama. Jika sobat yang membaca ini baru menemukan blog ini dan merupakan pertemuan kita, gak boleh baca artikel ini ya. Cek dan dibaca dulu artikel sebelum-sebelumnya, kalo gamau nanti saya hack, saya anak informatika loh jangan macam-macam. Jangankan ngehack, perbaiki laptop, komputer, hp, kulkas, televisi, kompor, dan segala perabotannya. Tapi boong.

Wajib dicamkan, jangan lupa!

    Sebenarnya, sebelum menulis artikel ini di blog ini saat ini, saya sedang mengupload video YouTube terbaru saya, subscribe disini, namun karena internet yang lemot (#boikotIndieHouse), saya pun memutuskan untuk menulis artikel saja, apalagi saya tahu bahwa pembaca sekalian pasti sudah sangat menanti-nanti dan tidak sabar untuk membaca artikel terbaru dari saya, ya gak? Harus jawab iya, kalo ga nanti saya hack, saya anak informatika loh jangan macam-macam. Jangankan ngehack, perbaiki laptop, komputer, hp, kulkas, televisi, kompor, dan segala perabotannya. Tapi boong.

    Ya sudah, agar tidak memperpanjang mukadimah, mari saja kita langsung ke topik yang akan saya bahas hari ini, yang tentu teman-teman semua sudah tahu dari judulnya, yakni cara menggunakan Microsoft Word next level, yang dapat mempermudah kita semua. Namun sebelum itu, jika teman-teman tidak tahu apa itu Microsoft Word, akan saya kasih tahu. Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, teks atau tulisan. Seperti pembuatan laporan, buku, makalah, jurnal dan lain sebagainya

    Nah, kalau sudah tahu apa itu aplikasi Microsoft Word, yuk langsung saja kita bahas cara menggunakan Microsoft Word next level!

A. Cara membuat nomor halaman a.k.a page number di Microsoft Word
    1. Buka aplikasi Microsoft Word yang sudah ada install.
    2. Buka dokumen yang ada inginkan untuk dibuat nomor halamannya.
    3. Di menu, pilih tab Insert,
    4. Lalu, klik tombol Page Number
    5. Kemudian, pilih salah satu tata letak yang anda inginkan, bisa Top of Page yang artinya diatas halaman, atau Bottom of Page yang artinya di bawah halaman.
    6. Lalu yang terakhir tinggal pilih model dari page number yang anda inginkan.

B. Cara membuat judul dan sub-judul next level di Microsoft Word
        Jika selama ini cara kalian membuat judul dengan cara membesarkan ukuran font, dan menebalkan fontnya, berarti selama ini kalian itu nub! Cara yang kalian pakai sungguh primitive, but dont worry be happy, karena saya disini akan memberi tahu kalian cara yg mantab, yang advance, dan tentunya next level agar kalian dapat meninggalkan cara kalian yang sudah kuno, usang dan primitif itu. Caranya adalah:
    1. Buka aplikasi Microsoft Word yang sudah ada install.
    2. Buka dokumen yang ada inginkan.
    3. Select judul/sub-judul yang anda inginkan.
    4. Buka tab Home.
    5. Lalu pilih Heading 1 jika anda ingin membuat judul, dan Heading 2 jika anda ingin membuat subjudul, lalu Heading 3 jika anda ingin membuat subsubjudul, serta Heading 4 jika anda ingin membuat subsubsubjudul.
    6. Judul dan sub-judul yang anda inginkan pun akhirnya jadi. Yeay

        Tapi, jika judul atau sub-judul kalian masih berwarna biru, kalian bisa menyetting setelan dari Heading itu sendiri, yaitu dengan cara klik kanan di Heading yg ingin kalian setting, misalnya Heading 1 lalu klik Modify, kemudian tinggal atur saja sesuai dengan aturan dosen atau selera kalian masing-masing.

C. Cara membuat Daftar Isi otomatis di Microsoft Word
        Nah, yang sering buat makalah pasti tahu, bahwa daftar isi sangat diperlukan. Jika selama ini kalian membuat daftar isi secara manual, ckckck, betapa sia-sianya hidup anda bung. Beruntung anda bisa menemukan artikel ini, jadi mari saja kita langsung ke langkah-langkahnya.
    1. Buka aplikasi Microsoft Word yang sudah ada install.
    2. Buka dokumen yang ada inginkan.
    3. Pastikan judul dan sub-judul yang ada buat sudah mengikuti tata cara dan prosedur yang baik dan benar sesuai dengan yang sudah saja jelaskan barusan di atas.
    4. Pastikan anda telah menyiapkan 1 halaman kosong untuk diisi dengan daftar isi, kemudian letakkan kursos anda di halaman tersebut.
    5. Buka tab References.
    6. Lalu klik Table of Contents.
    7. Selanjutnya tinggal pilih tipe dari Automatic Table yang anda inginkan. Taraa, daftar isi pun berhasil dibuat secara otomatis.

    Mungkin cukup itu saja, kalo mau lebih tau lebih lanjut dan lebih dalam mengenai sistem operasi boleh kok hubungi saya, saya sangat welcome terhadap orang yang rasa ingin tahunya sangat tinggi, terutama cewek. Cukup sekian, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima kasih telah membaca. Until next time, See ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks