Brainware: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya.

    Yo, ketemu lagi bareng gua. Kali ini gua bakalan ngasi tau kalian semua tentang Brainware. Tapi sebelum itu, kalian pernah ga sih dengar kata Brainware? Apa malah baru dengar di artikel ini? Oke sob tanpa perlu berbasa basi lebih lama langsung saja kita ke pembahasannya,


    Sebenarnya, brainware itu akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun, kita tidak sadar karna brainware itu merupakan istilah yang asing bagi orang awam. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal brainware itu sebagai pengguna (user). Jadi, brainware merupakan orang yang mampu menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.
    Brainware itu sendiri seperti pengertiannya, berfungsi untuk dimakan  untuk:
1. Programmer
         yaitu orang yang memiliki kemampuan dibidang pemrograman komputer dan menguasai bahasa pemrograman, berperan membuat program yang diperlukan untuk komputer. Nah jenis programmer itu banyak sekali, seperti:
    a. Front End Developer, yaitu orang yg berperan mengembangkan tampilan situs web atau aplikasi dengan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript.
    b. Back End Developer, yaitu orang yg berperan membuat suatu situs web atau aplikasi bekerja. Biasanya menggunakan bahasa pemrograman PHP, JavaScript, Ruby dan Python.
    c. Game Developer, yaitu orang yg berperan mengembangkan suatu game. Biasanya game developer ini bekerja sebagai satu tim untuk mempersingkat waktu develop game. Namun, ada juga game developer indie yang hanya mengembangkan game sendirian. Contohnya game 'Stardew Valley' yang dikembangkan hanya oleh 1 orang selama 4 tahun dan menjadi salah satu game favorit di Steam,
    d. dan lain-lain.

2. Operator
        yaitu orang yg menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer. Operator sendiri biasanya dibatasi agar ketika menjalankan komputer, tidak mengubah susunan dari program yang telah disusun oleh Programmer. Contoh-contoh operator, yaitu:
    a. Gamer, yaitu orang yg menggunakan komputer untuk bermain game, biasanya sembari bermain game, gamer ini juga sekalian menyiarkan permainannya di situs-situs streaming seperti YouTube, Twitch, dll karena dapat menghasilkan uang daripada hanya bermain game saja.
    b. Animator, yaitu orang yg menggunakan komputer untuk membuat animasi. Biasanya animator ini membuat animasi untuk pekerjaannya, untuk diposting di YouTube, atau untuk mengerjakan project project dari kliennya.
    c. Graphic Designer, yaitu sama seperti animator tetapi Graphic Designer ini membuat gambar atau desain.

    Selain dari yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi macam-macam dari brainware ini, seperti ada Blogger, Video Editor, IT Support, UI/UX Designer, Database Administrator, Sistem Analis, dan masih masih masih jauh lebih banyak lagi sampai tidak bisa disebutkan satu per satu. Jika ingin mencari tahu lebih lanjut, sobat bisa mencarinya di mesin pencari web kesayangan kita yaitu Mbah Google (bukan endorse). 
    Mungkin cukup buat artikel kali ini, mungkin masih terdapat kesalahan kata maupun informasi yang terkandung di dalam artikel ini, jadi jangan sungkan untuk komen dan mengoreksi kesalahan saya untuk diperbaiki. Until next time, See ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks