Jaringan Komputer: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

     Alhamdulillah, dengan kalian membaca artikel ini artinya kalian masih diberikan kesempatan bertaubat. Bercanda. Baiklah pada artikel yang udah ke sekian kalinya ini, kini giliran gua untuk memberi tahu kalian sama tentang apa itu jaringan komputer. Kalau penasaran, jangan close tab blog ini dan lanjutkan membaca sampai habis!

Sumber : IDwebhost

    Kalian semua pasti udah pernah dengar kan tentang jaringan atau semacamnya gitu. Ituloh yang buat nangkap ikan. Gua yakin, kalo  kalian semua belum pernah dengar kata "jaringan", berarti lu semua kurang jauh mainnya bro. Ibaratnya, masih terjebak di tahun 2300. 
"Loh di masa depan dong? "
"Sebelum Masehi."
 
    Waduh, malah kebanyakan bercanda. Langsung saja ya, jadi menurut gua, udah pasti lah kalian semua mendengar tentang apa itu jaringan, Namun, belum paham secara pasti aja apasih sebenarnya jaringan itu. Jadi simpelnya jaringan komputer itu (atau kita sebut jaringan saja) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data antar komputer.
"Kok makin rumit?"
"Iya-iya sebentar."

    Jadi, simpel dan simpelnya lagi, jaringan komputer tu dapat membuat kita berhubungan satu sama lain dengan komputer lainnya. Jadi dengan jaringan tersebut, kita bisa berinteraksi dengan komputer lain seperti mentransfer data, bisa bermain game bersama (melalui LAN), bahkan bisa kita hubungkan dengan print. Keren bukan?

    Jaringan komputer ini terbagi menjadi dua, yaitu jaring ikan dan jaring ubur-ubur. Hehe bercanda (lagi). Jadi jaringan komputer itu terbagi menjadi jaringan kabel dan jaringan nirkabel, yang akan kita bahas satu persatu disini,
1. Jaringan Kabel
        
Sumber : www.kenable.co.uk

        Sudah tahu kan kabel apa ini? Yang bilang ini kabel LAN sini tak ospek dulu! Jadi kalau kalian semua belum tau, kabel yang kita kenal dengan "kabel LAN" ini, namanya adalah RJ45. Jangan tanya saya kepanjangan dari RJ itu apa, soalnya saya juga gak tahu, hehe. 
        Jadi, jaringan kabel merupakan jaringan telekomunikasi menggunakan kabel. Artinya untuk menghubungkan antar komputer, kita memerlukan kabel. Nah contoh kabelnya ialah gambar yang sudah saya letakkan di atas tadi. Sekarang lanjut yang kedua..

2. Jaringan Nirkabel
Sumber : Wikipedia

        Jaringan Nirkabel, atau dalam nama gaulnya (bahasa inggris) adalah Wireless Network, merupakan kebalikan dari jaringan kabel. Artinya jaringan ini kabelnya terbalik. Maksudnya tipe jaringan ini tanpa menggunakan kabel. Contohnya saja yang tidak pernah lepas dari hidup kita adalah WiFI. Para pejuang "hotspot teman" tentu sudah akrab dengan WiFi, jadi tak perlu lah untuk membahasnya lebih lanjut

    Lalu, jaringan komputer ini juga memiliki jenis jenis nya. Tepatnya ada 4 jenis, yaitu PAN, LAN, MAN, WAN.
"Apa ni bang udah kek nama sekolah aja ada MAN?"
"Dahlah gak lucu."

1. PAN (Personal Area Network)
        merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk transmisi data antara perangkat pribadi seperti komputer, tablet, smartphone, dan perangkat pribadi yang anda miliki (tidak termasuk milik tetangga)
2. LAN (Local Area Network)
        Nah, kalo ini udah akrab nih. Jadi LAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium, dan memiliki peralatan jaringan sendiri dan interkoneksi yang dikelola secara lokal.
3. MAN (Madrasah Aliyah Negeri Metropolitan Area Network)
        MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna dengan sumber daya komputer pada sebuah area geografis atau area yang lebih besar dari yang tercakup oleh LAN yang luas, tetapi lebih kecil dari area yang tercakup oleh WAN (wide area network).

Mungkin cukup itu saja, kalo mau lebih tau lebih lanjut mengenai materi jaringan komputer boleh kok hubungi saya, terutama cewek. Cukup sekian, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Until next time, See ya!






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
4 November 2020 pukul 22.32.00 WIB delete

HAHAH PLIS GAUSAH JD BLOGGER, JD KOMEDIAN AJA HYUNG!!!

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks