Apa itu spreadsheet?

    Spreadsheet, hmm apa sih itu? mungkin bagi kalian semua, masih terasa asing dengan istilah spreadsheet. Fyi (for your information) saja, salah satu contoh dari aplikasi spreadsheet adalah Microsoft Excel. Tentu kita semua gak asing dengan Microsoft Excel, walaupun gak pandai makainya, hehe.

    Kalau udah tau salah satu contohnya, pasti udah bisa dong menerka-nerka apa sih sebenarnya spreadsheet itu? Kalau gabisa harus dipaksain sampai bisa, kalo masih tetap gabisa coba aja lagi manatau bisa, masih gabisa juga? Coba sekali lagi manatau kali ini beneran bisa. Nah, kalau masih tetap gakbisa dan gaktau juga, oke bakalan dikasih tahu kok gaperlu nangis, tapi bayar. [Unlock this content for Rp1.000.000,-]

Ga deng, canda doang. Kali ini serius. 

    Spreadsheet adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menyimpan, menampilkan, serta mengolah data dalam bentuk baris dan kolom. Singkatnya, spreadsheet ini seperti buku kotak-kotak pas kita masih kecil


    Nah seperti buku yang diatas itu loh, bisa dipakai buat belajar matematika, buat belajar nulis huruf mandarin, kanji, hiragana, katakana, dll. Kalo minat bisa dm lagi diskon 420% buat 10 pembeli terlambat. Hehe canda bosku

    Yak, jadi aplikasi spreadsheet itu terdiri dari baris dan kolom. Ingat, pakai huruf "o". Baris biasanya menggunakan angka 1,2,3,......,999999. Baris panjang ke bawah bukan panjang ke samping. Kalo ke samping namanya kolom. Kalo kolom biasanya menggunakan huruf dari A-Z. Tapi gatau sih ya kalo spreadsheet dari Rusia atau Thailand pakai huruf latin atau huruf mereka, tanya aja sendiri kalo mau tau, hehe.

    Pengolahan data di dalam spreadsheet itu disimpan di dalam kotak-kotak berbentuk persegi panjang, biasa dipanggil sel. Nah, penamaannya sesuai dengan penggunaan label pada kolom dan baris yang digunakan, contohnya A1, A2, A3 dan seterusnya. Kalau di Rusia mungkin Ы4, Щ3. Kalau di Thailand mungkin bisa aja ศ4 khap, ษ2 khap. Hehe. Kebanyakan hehe nya tapi gapapa hehe biar menuhin 400 kata hehe.

    Terus, apasih fungsi yang sebenarnya dari spreadsheet? Apa untuk keren-kerenan doang? Tentu saja tidak. Fungsi sebenarnya dari spreadsheet adalah untuk menggambar. Loh menggambar? Iya menggambar.

    
    Ga deng, itu buat orang berbakat doang. Tentu kalian tidak bisa, ups hehe. Maap bercanda. Jadi fungsi sebenarnya dari aplikasi spreadsheet ialah:
1.Membantu dalam membuat tabel data
2.Mampu mengelola angka dalam bentuk grafik
3.Dapat digunakan dalam hal statistik
4.Membantu membuat lembar kerja
5.Dapat digunakan untuk bekerja dalam masalah ilmiah
6.Sederhanakan perencanaan
7.Dapat digunakan untuk mengolah data disertai dengan database, grafik, formula, dan sebagainya.

    Lalu, untuk contoh aplikasi dari spreadsheet ini adalah Microsoft Excel (seperti yang sudah disinggung di awal tadi), lalu ada Google Spreadsheet (bisa diakses online), terus ada LibreCalc dari Libre Office (gratis), dan ada Lotus123 yang dirilis oleh IBM.

    Mungkin cukup itu saja, kalo mau lebih tau lebih lanjut dan lebih dalam mengenai sistem operasi boleh kok hubungi saya, saya sangat welcome terhadap orang yang rasa ingin tahunya sangat tinggi, terutama cewek. Cukup sekian, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima kasih telah membaca. Until next time, See ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks