Ini dia aplikasi dasar pengolah presentasi!


    Halo semuanya! Sudah lama tidak berjumpa. Pasti kangen ya? Iya kan? Kalau iya bilang iya, kalau ndak bilang ndak. Janganlak malu-malu. Kalaupun kalian harus malu, malulah ketika anda menjadi fans MU, udah sombong, eh malah nyungsep. Sungguh karma yang menyenangkan.

Before

After


    Yasudah, daripada kita bicarain MU, lebih baik kita fokus kepada artikelnya saja. Supaya gak kenak sial. Jadi apa yg bakalan saya bahas kali ini adalah seperti gambar yang sudah saya sertakan di awal artikel ini. Hayoo, coba tebak. Apakah itu? Tunggu part 2 nya ya!

    Hehe, gak kok. Setelah sebelum-sebelumnya kita telah membahas mengenai teknik Microsoft Word next level dan Apa itu spreadsheet, kali ini kita bakalan membahas yang satunya lagi. Coba tebak. Yak benar, kita bakalan membahas mengenai adik dari aplikasi pengolah kata dan pengolah angka(data), yaitu aplikasi pengolah presentasi.

    Waw, sebenarnya apasih yang dimaksud dengan aplikasi pengolah presentasi?
Source

    Aplikasi pengolah presentasi adalah sebuah aplikasi atau software yang digunakan untuk membuat atau mengolah suatu file presentasi. Presentasi itu sendiri merupakan kegiatan untuk mengajukan ide/pendapat/gagasan. Oleh karena itu, file presentasi yang dibuat haruslah menarik dan tidak membosankan. Aplikasi pengolah presentasi ini dapat membuat penggunanya untuk memasukkan gambar, animasi, video atau bahkan membuat animasi sendiri seperti video di dalam aplikasi tersebut.

    Bagi siswa ataupun mahasiswa, sepertinya presentasi sudah merupakan makanan sehari-hari dan tidak lepas dari diri kita. Dahulu (sebelum covid-19), presentasi dilaksanakan di depan kelas, laptop dicolokin ke proyektor, dan menunggu giliran presentasi dari teman sekelompok. Sekarang, presentasi bisa dilaksanakan secara online, yaitu tinggal share screen file presentasi kita dan tinggal presentasi saja.

    Namun, banyak yang salah sangka dan salah paham dalam menggunakan dan membuat file presentasi. Bukannya membuat file presentasi terlihat menarik, tetapi malah membuatnya menjadi membosankan 1 slide penuh dengan tulisan semua. Seharusnya, cara yang baik dan benar adalah kita hanya perlu menampilkan inti dan gambarnya saja, lalu kitalah yang akan mengolahnya menjadi presentasi yang menarik.

Kiri: contoh slide yang tidak baik, Kanan: contoh slide yang baik

    Mungkin, kalian semua sudah tau salah satu contoh dari aplikasi pengolah presentasi itu sendiri, yak benar, yaitu Microsoft PowerPoint. Tapi tahu gak sih, kalau sebenarnya aplikasi pengolah presentasi itu gak cuma satu (Microsoft PowerPoint), tetapi masih banyak alternatif lainnya yang (tentu saja) gratis.

    Berikut ini contoh alternatif dari aplikasi pengolah presentasi selain Microsoft PowerPoint:
1. Prezi
Source

    Prezi merupakan salah satu aplikasi alternatif untuk membuat file presentasi. Jika kalian bosan dengan slide 2 dimensi yang biasa aja, kalian bisa mencoba aplikasi Prezi ini. Slide (kanvas) dalam Prezi ini memiliki konsep seperti mind-map dan memiliki sudut pandang 3 dimensi sehingga dapat memberikan suasana baru dalam membuat file presentasi.

    Selain itu, Prezi juga dapat diakses melalui gadget dan browser apa saja. Kita juga dapat meng-export filenya ke berbagai format seperti pdf, ppt, bahkan jpg. Oiya, aplikasi Prezi ini tersedia dalam 2 versi, yaitu gratis dan berbayar.

2. Keynote

    Jika Windows a.k.a Microsoft memiliki Microsoft PowerPoint, maka saingannya pun tak mau kalah. Apple juga memiliki aplikasi pengolah presentasi sendiri yaitu bernama Keynote. Keynote dapat diakses di berbagai device Apple seperti iOS, iPadOS, dan macOS. Keynote juga dapat bekerja dalam format ppt. dan pptx. sehingga bagi kalian pengguna macOS tidak perlu repot-repot mengunduh Microsoft PowerPoint untuk membuat file presentasi, namun semua efek dan transisinya pun hilang.

3. OpenOffice Impress

        OpenOffice Impress merupakan salah satu aplikasi alternatif dari Microsoft PowerPoint karena selain gratis, aplikasi ini juga termasuk aplikasi open-source, sehingga diminati oleh pengguna Linux. Meskipun gratis, aplikasi ini masih memiliki fitur andalan dari aplikasi pengolah presentasi. Kekurangan dari aplikasi ini ialah jika file yang dibuat dari aplikasi ini dibuka oleh aplikasi Microsoft PowerPoint, maka hasilnya bakalan berantakan. Begitu juga sebaliknya

    
    Mungkin segitu saja yg dapat saya sampaikan, jika kalian memiliki pertanyaan mengenai materi ini ataupun materi lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk langsung bertanya dan mengontak nomor WA saya (girls only) hehehe. Jika terdapat kesalahan maupun kesilapan mohon dimaafkan. Terima kasih sudah membaca. Until next time, see ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Leo
15 Desember 2020 pukul 17.30.00 WIB delete

mantap gaya penulisannya, artikelnya juga bagus, lanjutkan!

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan dan baik, lebih bagus lagi sesuai dengan PUEBI. Diharapkan tidak barbar dan toxic. Demi kenyamanan bersama. Thanks